Gonjang-ganjing Pengisian Perades



Pati, Actualpos.com || Buntut kekecewaan para kepala desa se-kabupaten Pati terkait pengisian perangkat desa  diadakanya pertemuan dengan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di ruang rapat Paripurna gedung DPRD Kabupaten Pati. Gonjang - ganjing pengisian Perades meresahkan  mereka, kedatanganya ini untuk medapat kejelasan tindak lanjut dari pengisian perangkat desa (Perades) pasca revisi Peraturan Bupati (Perbup) nomor 55 tentang pengisian Perades

Kamis (21/12).

 

Pada tanggal 15 Desember 2023 hasil audensi para Kades dengan Pj Bupati Pati yang diwakili Plt Kadispermades Tri Haryama, para kades kecewa karena pengisian Perades hanya bisa dilakukan 55 kursi pada formasi Sekretaris Desa, dengan alasan keterbatasan anggaran. 


Suwardi selaku koordinator aksi mewakili 401 desa se-Kabupaten Pati menginginkan agar pengisian perades tidak hanya 55 kursi namun semua kekosongan diisi yakni 471 kursi . Hal senada juga disampaikan ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin. Pihak DPRD mendukung kemauan para Kades.


Sementara pihak Eksekutif, Yakni Pemerintah Kabupaten yang diwakili Sekda Kabupaten Pati, Jumani yang hadir hanya akan  menyampaikan aspirasi para Kades kepada Pj Bupati. Para kades mendesak dan terjadi kesepakatan pengisian Perades pada anggaran Perubahan APBD tahun 2024 atau dimulai bulan Mei.


Sesuai dengan kesepakatan bersama Sekda, TAPD, Dispermades, dan seluruh Kades bahwa pengisian perades akan dilakukan setelah Pemilu atau lebih tepatnya di pertengahan tahun 2024.

 

Terkait untuk anggaran berikutnya, pihaknya bakal melakukan perhitungan ulang di Banggar pada saat perubahan anggaran di bulan Mei mendatang.

 

“Oleh Pemkab saat ini hanya menganggarkan untuk 55 formasi. Setelah kita diskusi ada kesepakatan bersama dengan Sekda yang juga TAPD, disepakati bahwa pengisian perades diisi di pertengahan tahun 2024 setelah perubahan APBD disahkan,” ucap Politisi dari PDI-P, Ali Badrudin.


Selain itu Para Kades juga menginginkan bahwa pengisian serempak dilakukan, untuk 55 kursi yang akan dilaksanakan juga sekalian dilakukan pada pertengahan Tahun 2024.


/Red

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url