Karnaval Budaya Ramaikan Acara Sedekah Bumi di Desa Bumiayu Kecamatan Wedarijaksa


Pati, Actualpos.com – Tradisi Sedekah Bumi merupakan warisan para leluhur yang masih terus di lestarikan di  Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Desa di Kabupaten Pati yang masih memegang teguh tradisi Sedekah bumi adalah Desa Bumiayu Kecamatan Wedarijaksa . Sedekah Bumi di desa ini berbentuk Karnaval Budaya yang merupakan kolaborasi seni dan kearifan lokal.


Pada tahun ini, Karnaval Budaya Sedekah Bumi diawali dengan arak-arakan sambil membawa hasil bumi dan pawai budaya yang menampilkan berbagai macam kesenian.


Dalam Karnaval tersebut dimeriahkan oleh penampilan Drumband, hingga ogoh-ogoh lengkap dengan dandanan unik dari para peserta. Mereka melakukan pawai mengelilingi jalan desa.


Kepala Desa Bumiayu, Karyadi, mengungkapkan, tradisi sedekah bumi sudah dilaksanakan turun temurun. Tradisi tersebut, dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur warga atas melimpahnya hasil panen.


"Ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas apa yang telah diberikannya berupa hasil panen yang cukup melimpah, sehingga warga desa Bumiayu terhindar dari kekurangan bahan pangan," ungkapnya, kepada awak Media, minggu (12/05/2024).


Sementara, Karyadi mengatakan, tujuan diadakannya karnaval dalam rangkaian upacara sedekah bumi sendiri adalah untuk lebih mempererat tali persatuan dan kesatuan warganya.


"Satu tahun lebih saya memimpin Desa Bumiayu, dan ini merupakan momen yang sangat tepat untuk mempersatukan kembali warga pasca pemilu. Ini pertama kalinya dalam sejarah desa kami diadakan karnaval," kata Karyadi yang berharap, kegiatan itu bisa terus dilestarikan dan dapat diteruskan oleh generasi selanjutnya. .


Ribuan masyarakat Desa Bumiayu sangat antusias mengikuti jalannya Karnaval tersebut, hampir Semua Rt turut berpartisipasi mengirimkan delegasinya untuk mengikuti Karnaval budaya.


"Kami wajibkan kepada setiap RT untuk mengikuti kegiatan tersebut, dan membuat karya untuk bisa di tampilkan dalam ajang tersebut, baik Seni maupun budayanya, Alhamdulillah terlaksana dengan baik," ujarnya.


Sementara itu warga setempat sangat menyambut baik karnaval tersebut karena  sangat menghibur. "Sangat menghibur dan membanggakan, semoga bisa berkelanjutan dan bisa menjadi agenda rutin tahunan sebagai destinasi wisata tahunan," ucap Dewi saat menonton Karnaval budaya tersebut. 


rep omB

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url